Depan MILANGKALA DESA MANISKIDUL KE 237

MILANGKALA DESA MANISKIDUL KE 237

Desa Maniskidul merupakan desa di Kecamatan Jalaksana, Kuningan, Jawabarat, Indonesia. Desa Maniskidul terdiri dari beberapa dusun yaitu Dusun Kaliwon, Manis, Pahing, Pon dan Wage.
 
Mayoritas warga desa maniskidul bermata pencaharian sebagai petani dan berdagang. berbicara mengenai Desa Maniskidul memiliki adat budaya untuk memperingati hari jadi atau ulang tahun desa atau bagi masyarakat jawabarat sering disebut sebagai Milangkala.
 
Desa Maniskidul sudah mencapai usia 237 tahun tepatnya pada tanggal 5 September dan hari jadi desa berlangsung kegiatan memperingati ulang tahun. Tema yang di ambil dalam acara ini yaitu Bersyukur, Berbudaya dan Bersilaturahmi.
 
Dalam acara milangkala ini dihadiri oleh Bapak Bupati Kuningan, Ketua DPRD Kuningan, Camat Jalaksana, Polsek Jalaksana, Danramil Jalaksana, Kepala Desa se-kecamatan Jalaksana, BPD, LPM, Tokoh Masyarakat, Agama, PKK, Karangtaurna dan tamu undangan lainnya.
 
Acara ini melibatkan unsur masyarakat dari setiap dusun/RT. Setiap RT membawa nasi tumpeng. Selain nasi tumpeng ada juga acara arak-arakan hgasil bumi.