Depan OBYEK WISATA CIBULAN

OBYEK WISATA CIBULAN

 Cibulan adalah nama sebuah obyek wisata tertua yang ada di Kuningan, Jawa Barat Indonesia, saat ini menjadi salah satu tempat liburan favorit yang diresmikan pada 27 Agustus 1939 oleh Bupati Kuningan saat itu, yaitu R.A.A. Mohamand Achmad. Di dalam objek wisata ini terdapat dua kolam besar yang berbentuk persegi panjang. Kolam pertama berukuran 35x15 meter persegi dengan kedalaman sekitar 2 meter. Sedangkan, kolam kedua berukuran 45x15 meter persegi yang dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama berkedalaman 60 sentimeter dan bagian kedua berkedalaman 120 sentimeter.

 

Menurut cerita yang berkembang di kalangan Masyarakat Desa Maniskidul dan masyarakat Kuningan pada umumnya, ikan dewa yang ada di kolam Cibulan ini konon dahulunya adalah prajurit-prajurit yang membangkang atau tidak setia pada masa pemerintahan Prabu Siliwangi. Singkat cerita, prajurit-prajurit pembangkang tersebut kemudian dikutuk oleh Prabu Siliwangi sehingga menjadi ikan.

 
Konon ikan-ikan dewa ini dari dulu hingga sekarang jumlahnya tidak berkurang maupun bertambah.  Terlepas dari benar atau tidaknya legenda itu sampai saat ini tidak ada yang berani mengambil ikan ini karena ada kepercayaan bahwa barang siapa yang berani mengganggu ikan-ikan tersebut akan mendapatkan kemalangan.
 
Selain kolam dengan ikan dewanya yang jinak, di sudut barat pemandian ini juga terdapat tujuh sumber mata air yang dikeramatkan yang bernama Tujuh Sumur. Tujuh mata air ini berbentuk kolam-kolam kecil yang masing-masing mempunyai nama tersendiri, yaitu: Sumur Kejayaan, Sumur Kemulyaan, Sumur Pengabulan, Sumur Cirancana, Sumur Cisadane, Sumur Kemudahan, dan Sumur Keselamatan. Di antara ketujuh sumur itu, konon ada salah satu sumur yang berisikan Kepiting Emas, yaitu Sumur Cirancana.
 
 

ALAMAT LOKASI DAN AKSEIBILITAS OBJEK WISATA CIBULAN KUNINGAN

Wisata Kolam Pemandian Cibulan terletak di Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat - Indonesia. Jarak antara Cibulan - Kota Kuningan sekitar 7 km sedangkan Jarak Kota  dari Cirebon – Cibulan sekitar 28 km

Akses menujuju obyek wisata Cibulan menggunakan angkutan umum bisa di tempuh dengan dua jalur yaitu memlalui Kuningan dan Cirebon sebab tempat wisata ini berada di jalan Kuningan-Cirebon.
Jalur yang pertama melalui Terminal Kuningan bisa menggunakan angkutan kota jurusan Terminal Cirendang – Cimulus, lalu berhenti di jalan menuj lokasi Cibulan. Jalur yang kedua bisa melalui Cirebon dengan angkutan umum menuju lokasi.