Depan SOSIALISASI TOSS (Temukan Obati Sampai Sembuh) Tuberkulosis (TB/TBC)

SOSIALISASI TOSS (Temukan Obati Sampai Sembuh) Tuberkulosis (TB/TBC)

Kesadaran dan kepedulian keluarga tentang penularan dan pencegahan Tuberkulosis (TB) harus ditingkatkan, Karena pasien TB berada di sekitar keluarga.
 
Setiap pasien TB harus ditemukan dan diobati sampai sebuh agar penularan TB di indonesia dapat dihentikan. Peran keluarga pada gerakan ini sangat penting, karena semangat dan kepatuhan pasien untuk minum dan menelan obat ditentukan oleh dukungan keluarga.
 
Tuberkulosis (TB) atau yang lebih dikenal dengan sebutan TBC penyakit menular yang disebabkan kuman TB Mycobacterium yang masuk ke tubuh melalui pernafasan. TB merupakan penyakit infeksi menular yang dapat menyerang berbagai organ, terutama paru-paru. Penyakit TB merupakan masalah kesehatan terbesar didunia, setelah HIV sehingga harus ditanganu dengan serius. Gejala TB diantaranya : 
1. Batuk Berdahak Lebih dari 2 Minggu
2. Mengalami Sesak Nafas
3. Berat Badan Menurun
4. Keringat di Malam Hari Tanpa Aktifitas
 
Dengan dilakukannya kegiatan Sosialisasi Tuberkulosis (TB) yang diadakan oleh Kader PKK desa maniskidul beserta Bidan Desa yang dihadir Masyarakat Desa Maniskidul dapat menekan atau mengurangi kasus Tuberkulosis (TB) di Desa Maniskidul dengan mengenali gejala-gejala tersebut.